ANALISIS PENGALAMAN PENGGUNA APLIKASI ITSJAVA DALAM PEMBELAJARAN PEMROGRAMAN BERORIENTASI OBJEK
Keywords:
ITSjava; pengalaman pengguna; OOP; pembelajaran.Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah menganalisis pengalaman pengguna aplikasi sistem tutor cerdas dalam implementasinya pada pembelajaran pemrograman berorientasi objek. Metode dalam penelitian ini menggunakan metode survei dengan teknik pengambilan data menggunakan angket skala likert. Sampel dalam penelitian ini terdiri dari 49 orang mahasiswa dari 100 orang mahasiswa yang mengambil matakuliah Pemrograman Berorientasi Objek. Teknik data analisis yang digunakan adalah analisis dengan metode prosentasi yang hasilnya kemudian akan di bandingkan dengan kriteria kelayakan aplikasi. Hasil yang didapatkan menunjukkan bahwa, tingkat kevalidan instrumen angket pengalaman pengguna didapatkan skor 0,97 dengan kriterian sangat valid, adapun nilai reabilitas menunjukkan skor 0,95 yang berarti sangat reliabel. Berdasarkan instrumen angket pengalaman pengguna, didapatkan prosentase rata-rata 84% dengan kategori aplikasi ITSJava sangat layak digunakan.